Penggunaan floordeck

Mengganti pelat Konvensional dengan Floordeck

Sebelum Floordeck dikenalkan, kayu triplek (Plywood) merupakan pilihan para insinyur bangunan untuk pengecoran plat lantai (Bekisting). Floordeck adalah suatu teknologi berbahan baja untuk kebutuhan konstruksi bangunan yang berada dibawah atau di lantai sebuah pondasi sebagai pengganti bekisting. Floordeck tersedia dalam berbagai ukuran dan digunakan sebagai dasar atau tulangan untuk bahan lain. Dipilihnya Floordeck karena dapat diaplikasikan dengan beton busa dan menjadi suatu kesatuan yang bisa didapatkan untuk mendapatkan massa bangunan yang lebih ringan. Di artikel ini saya akan mengulas sedikit tentang Floordeck.

Floordeck bisa disebut juga dengan alas untuk penyangga atau pelapis lantai cor, kebutuhan untuk pengecoran lantai yang terbilang berat membuat Flywood dipinggirkan. Selain karena bahannya yang tipis dan mudah patah, flywood dinilai kurang praktis dan tidak tahan api dalam kebutuhan pelat lantai bangunan.

Floordeck juga sebagai alternative penyangga bahan cor, karena memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan guncangan gempa, dan resiko keretakan pada lantai akan berkurang. Ini disebabkan Floordeck dibuat dengan baja ringan yang dilapisi Galvanis. Floordeck memiliki profil bergaris dengan permukaan yang timbul atau cembung, yang dirancang untuk menyambungkan atau menyatukan bahan cor, dan menciptakan lempengan-lempengan yang permanen.

Floordeck tidak hanya bertindak sebagai alternatif bekisting untuk lantai cor, tetapi juga menghasilkan lapisan yang kuat dan tahan terhadap cuaca yang tidak mendukung. Sehingga kualitas sebuah bangunan tidak terkikis hanya karena hujan. 

Membuat atau membangun bekisting dengan cara konvensional membutuhkan waktu dan biaya yang bisa memakan sekitar 20-25% atau bahkan lebih, dari total pengeluaran biaya membangun sebuah rumah. Desain Floordeck ini dibuat untuk mengurangi kebutuhan biaya dan waktu yang tinggi tersebut. Ini karena pemasangannya bisa menghemat dalam kebutuhan scaffolding atau perancah.

Scaffolding yang sudah kita ketahui adalah platform untuk membangun fondasi bangunan, dan bisa membantu para pekerja dalam menopang cetakan beton yang masih basah hingga kering. Floordeck ini bertindak sebagai teknologi tambahan untuk mengurangi biaya yang dibutuhkan untuk membangun perancah. Dengan pemasangan yang tepat dan benar, Floordeck akan melaksanakan tugas yang efisien dan menghemat biaya.

Floordeck memiliki jenis-jenis yang beraneka ragam, mulai dari Floordeck 600, 620, hingga 880. Angka-angka tersebut adalah ukuran panjang dari suatu Floordeck, namun ukuran panjang tersebut memiliki beragam ketebalan, dari 0,75 mm hingga 1 mm. Tentunya beragam ukuran panjang dan tebalnya Floordeck dimaksudkan untuk pengaplikasian bangunan agar sesuai dengan kebutuhan.

Apakah anda memerlukan waktu yang cepat untuk membangun sebuah rumah dengan biaya yang bisa diukur dengan kekuatan finansial anda ? Floordeck memberikan cerita baru dalam membangun rumah. Dan memberikan keuntungan yang lebih banyak dari penggunaan Flywood untuk pembuatan struktur pelat lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *